Bagi warga surabaya, sidoarjo, gresik dan sekitarnya, keberadaan tol surabaya ini mungkin sangat membantu jika ingin bepergian tanpa harus takut terjebak jalan arteri tengah kota semisal Jl. A. yani – darmo dst. Tol Surabaya-Gempol atau Surabaya-Gresik, menghubungkan dari gempol sekarang porong sampai manyar gresik. secara faktual tol surabaya hanya terdiri dari 2 lajur dan sedikit saja titik yang terdiri 3 lajur. Karena lajur hanya terdiri dari 2 saja, jangan heran jika menjumpai 2 truck yang berjalan lambat beriringan maka kita akan kesulitan untuk menyalip, yang terbiasa memakai bahu jalan maka pilihan tersebut adalah satu2nya, kalau tidak mau sabar mengular dibelakangnya. jika kita sering mendengarkan radio SSFM, sering kali kita mendengar berita kecelakaan di ruas tol surabaya ini, semisal lajur belakang masjid Al-akbar yang diberi gelar jalur tengkorak. Ruas lajur yang terbatas dan pola pikir pengguna jalan tol, dimana jalan tol adalah tempat arena memacu sekencang2nya kenderaan perlu diubah dan diperbaiki. belum lagi bila ada pak “ROBOCOP” yang mengendap-endap di bahu jalan siap mengejar para pelanggar dan “pengguna bahu jalan ilegal”, ditambah layanan pintu bayar tol yang terkadang banyak yang kosong karena alasan pergantian shif panjaganya (alasan clasic hehe) makin menambah buruk layanan tol di indonesia.

Beda dengan highway di luar negeri semisal di saudi arabia, riyad,mekah,madinah.. atau Malaysie.. jalan tol bisa terdiri dari 5 lajur atau lebih dengan terowongan yang lebar dan memang jalan tol dalam arti yang sebenarnya “bebas hambatan”.
Mari kita turut serta mengkampanyekan “Santun berkendara di Tol”

Tips dari dari ane ketika anda memasuki pintu tol surabaya :

1. baca doa sesuai agama dan kepercayaan anda
2. Pastikan safety belt anda terpasang klik🙂
3. Sediakan uang pas untuk membeyar / kartu flash (bukan promosi lho – karena saya juga tidak punya🙂 )*alasanya agar tidak menambah waktu antri bagi yang lain aja
4. Ingat !!! Melaju di jalan tol kecepatannya adalah 80-100 Km/h.. tapi jika ingin melampau 100 pastikan kendaraan dan kondisi fisik anda prima.
5. Jika ingin menyalip, pindah lajur/haluan, beri tanda pengguna lain dengan lampu sein, beam (lampu jarak jauh), klakson.
6. hati2 jika ingin mendahului truck dengan badan panjang (long vehicles) karena kadang sopir tidak mengetahui keberadaan kita.
7. biasakan untuk tidak biasa menggunakan bahu jalan (bahaya jika ada kendaraan lain yang berhenti)
8. jika di tol Manyar, justru menyaliplah dari bahu jalan karena jika menyalip dari sisi kanan berbahaya, karena tol ini dua jalur berlawanan. mungkin satu2nya tol di indonesia yang memakai 2 jalur berlawanan arah dan tidak ada median jalannya
9 (pesan untuk pengelola tol *Jasa Marga) agar menambah lagi “rest area”
tidak hanya di KM. 26 dekat exit sidoarjo.

To be continou…. (*lek gak males nulis..)

*catatan seorang supir kwkwkwkw… hehe peace ah !!